Rabu, 11 April 2012

BAHASA INDONESIA: Latihan 1

 
Mata Kuliah     : Bahasa Indonesia                               
Dosen              : Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama               : Mila Wiratania
NIM                 : 41032151081004
Tanggal            : 11 April 2012


BAGIAN A

 
Petunjuk
1.      Kerjakanlah soal berikut dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam soal Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
2.      Jawaban Anda ditulis langsung pada lembar soal ini.

SOAL

1.      1. Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuhkembangkan
 keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B-S ).
2.    Salah satu upaya menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
3.  Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya terhadap bahasa Indonesia ( B-S ).
4.  Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
5.  Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
6.  Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( B – S  ).
7.  Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
8.  Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
9.  Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( BS ).
10. Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih
       mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
11. Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
12. Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
13. Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B-S )
14. Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
15. Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).


BAGIAN B

Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.
1.  Setujukah Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait ini dalam satu paragraf.
Jawab :
Setuju, karena kesadaran membaca adalah sikap seseorang baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama bertanggung jawab sehingga menimbulkan rasa memiliki suatu bahasa dan dengan demikian ia berkemauan untuk ikut  membina dan menggembangkan bahasa itu.Kesadaran bahasa sangat diperlukan untuk menghindar salah pengertian.
2. Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
Jawab :
a.         Sikap terhadap bahasa dan berbahasa
Terwujud dari sikap positif yang dapat dilihat dari pelaksanaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Terutama terlihat pada penampilan seseorang ketika menggunakan bahasa.
b.         Tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa
Tanggung jawab pemakai bahasa bukan saja terbatas pada pemilihan kata dan kalimat yang baik, melainkan juga bagaimana caranya mengucapkan kata dan kalimat itu.
c.         Rasa ikut memiliki bahasa
Bahasa sudah dianggap sebagai kebutuhan pribadi yang esensial, milik pribadi, dijaga dan dipelihara layaknya barang yang kita miliki.
d.        Berkemauan untuk membina dan mengembangkan bahasa
Dapat dilakukan dengan partisifasi formal yaitu pengembangan secara aktif dan partisifasi informal yaitu dalam pemakaian bahasa yang tertib.
e.         Memiliki rasa cinta terhadap bahasa
Berusaha untuk mengindahkan bahasa itu sendiri dengan senantiasa berhati-hati dalam berbahasa, tidak menyukai pemakaian bahasa yang tidak benar dan senantiasa menambah wawasannya akan pengetahuan tentang bahasa.
    
3.  Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
Jawab :
Saya merasa belum sepenuhnya memiliki kelima ciri yang telah disebutkan di atas. Karena saya masih kurang memiliki perasaan bahasa yang menimbulkan tanggung jawab dan kegiatan untuk membina bahasa baik melalui kegiatan pribadi atau kegiatan kelompok. .
4.      Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda? Jelaskanlah.
Jawab :
            Dengan cara  ikut berpartisipasi dalam forum diskusi, lokakarya, seminar, musyawarah, kongres, konferensi baik pada tingkat lokal, regional, nasional,  maupun internasional yang khusus membicarakan persoalan kebahasaan.Kita menyebarkan tulisan baik berupa buku, pembuatan disurat kabar atau majalah tentang persoalan kebahasaan. Jadi kita adalah peserta aktif.Kalau ada kegiatan kebahasaan kita terpanggil untuk melaksanakannya.Ini semua merupakan partisipasi formal setiap pemakaian bahasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar