Selasa, 08 Mei 2012

TUGAS INDIVIDUAL ( untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )

Pertanyaan yang tertuang dalam judul di atas antara lain  dapat dijawab dengan memanfaatkan pandangan Mendikbud RI, Muh. Nuh yang disitir oleh Boy Yendra Tamin ( dalam http:// boyyendratamin.blogspot.com/2011/11/pendidik-profesional- antara-harapan-dan.html ). Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri“.
---
TUGAS INDIVIDUAL ( untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )

Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya,  jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.

Selamat membaca, setelah itu berbagilah.

SOAL
  1. Identifikasilah
    1. Ciri-ciri guru yang baik
1).    Guru yang mempunyai anggapan bahwa orang lain itu mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah mereka sendiri dengan baik
2).    Guru yang melihat bahwa orang lain mempunyai sifat ramah dan bersahabat dan bersifat ingin berkembang
3).     Guru cenderung melihat orang lain sebagai orang yang sepatutnya dihargai
4).     Guru yang melihat orang-orang dan perilaku mereka pada dasarnya berkembang dari dalam; jadi bukan merupakan produk dari peristiwa-peristiwa eksternal yang dibentuk dan yang digerakkan. Dia melihat orang-orang itu mempunyai kreatifitas dan dinamika; jadi bukan orang yang pasif atau lamban
5).    Guru yang melihat orang lain itu dapat memenuhi dan meningkatkan dirinya; bukan menghalangi, apalagi mengancam
6).    Guru yang baik harus mengajar dengan baik. Pengajaran yang baik berasal dari pengetahuan tentang teknik-teknik pengajaran yang sifatnya ilmiah. Ada komitmen untuk mempersiapkan bahan-bahan belajar dan pengakuan atas perlunya memadukan moralitas dengan pengajaran
7).    Guru baik harus terus belajar dan melakukan penelitian untuk pengembangan dan pengetahuannya
8).    Guru-guru yang baik harus membantu siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam menerapkan pengetahuan, untuk membantu orang atau masyarakat yang memerlukannya.

      b.   Ciri-ciri guru yang hebat
(1)        Ucapan dan intonasinya jelas dan mudah dipahami. Siswa langsung menyerap makna dari ucapan guru tanpa harus berpikir lama dan berputar-putar. Ucapan guru tersistem, mantap, dan berterima dengan kejiwaan siswa.
(2)        Bobot keilmuannya sangat dalam dan luas. Sehari-hari, guru hebat mengikuti perkembangan zaman untuk memupuk keluasan keilmuannya. Tren zaman dapat cepat dimaknai oleh guru lalu diolah dengan bahasa guru untuk disajikan ke siswanya.
(3)        Orangnya lugas dan sederhana. Karena yang dihadapi adalah siswa bukan orang dewasa, guru hebat selalu menyampaikan keilmuannya dengan lugas dan mudah diterima siswanya.
(4)        Bersahabat dan peduli. Guru biasa selalu mengambil jarak dengan siswa karena menurutnya wibawa guru akan terbangun. Namun, tidak untuk guru hebat. Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi. Wibawa justru dibangun dari persahabatan antara siswa dengan guru.
(5)        Kaya metode dan media. Guru hebat teramat paham kalau siswa itu mudah jenuh, dinamis, dan kreatif. Menurutnya, mengajar harus menyenangkan, dinamis, dan kreatif. Jalan yang harus ditempuh adalah menerapkan pembelajaran dengan multimetode dan multimedia yang sesuai dengan keinginan siswa.
2.   Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi "guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab :
Saya akan memilih guru yang hebat. Karena menurut saya guru yang hebat adalah guru yang selalu berinovasi dalam proses pembelajaran. Alasannya, yaitu :
a).        Guru yang hebat adalah guru yang kreatif, inovatif, inspiratif yang dapat mengelola kelas menjadi ruang yang nyaman bagi siswa untuk mengungkapkan kreasi dan ekspresi.
b).        Guru yang hebat juga dapat menciptakan siswa yang berkepribadian mulia, berpikir kreatif dan berimajinasi luas, cemerlang yang siap menghadapi masa depan.
c).        Guru hebat dan siswa cemerlang adalah syarat untuk menjadikan sekolah menjadi super dan sukses.

3.   Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Menurut saya, guru ideal adalah sosok yang senantiasa menjadi dambaan peserta didik, menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan. Guru ideal adalah yang menguasai ilmunya dengan baik sehingga mampu mengelola pembelajaran yang bermakna. Dia disukai oleh murid-muridnya karena cara mengajarnya menarik dan mudah dipahami. Dia pun terbuka menerima kritikan dari peserta didiknya, karena dari kritik itulah dia belajar dari para peserta didiknya. Dari mereka guru dapat mengetahui kekurangan cara mengajarnya, dan melakukan umpan balik (feedback). Ciri-ciri seorang guru yang ideal adalah sebagai berikut :
1.      Baik hati
2.      Ramah
3.      Murah senyum
4.      Tidak membanding-bandingkan antar siswa
5.      Tidak pilih kasih
6.      Dapat memberikan materi yang mudah diserap oleh muridnya
7.      Tegas
8.      Humoris/lucu
9.      Disiplin dalam mengajar, tapi tidak membuat siswa tegang
10.  Tidak terlambat masuk mengajar (tepat waktu)
11.  Santai dalam mengajar siswa
12.  Kata-katanya halus, tidak menyinggung
13.  Sabar menghadapi murid yang nakal
14.  Memerhatikan murid-muridnya
15.  Menerima curhat dari siswa
16.  Menuntun siswa yang kurang dalam pelajaran
17.  Pintar
18.  Selalu memberikan arahan sebelum dan sesudah mengajar
19.  Senang jika murid bertanya
20.  Pengertian
21.  Beriman
22.  Berwibawa
23.  Mengajar tanpa kata lelah
4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Ada, manfaat yang saya peroleh setelah membaca wacana tersebut adalah sebagai
berikut :
a.       Mengetahui ciri-ciri guru yang baik, guru yang hebat dan guru yang ideal.
b.      Termotivasi untuk dapat menjadi sosok seorang guru yang baik, hebat dan ideal.
c.       Menumbuhkan semangat untuk mencari tahu informasi tentang guru dan cara mengajar yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar